Centra Pembuatan Rebana & Bedug

Desa Kalipucang Wetan

Kec. Batang Kab. Batang adalah desa yang bernuansa religi, karena disitu ada 3 (tiga) Organisasi Islam Besar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama, Rifaiyah dan Muhammadiyah.

kehidupan masyarakat hidup rukun berdampingan satu sama lain walaupun berbeda organisasi yang penting masih dalam satu keyakinan agama yaitu Islam.

Dalam perkembangan jaman semakin milenial, akan tetapi warga desa ini tidak banyak terpengaruh dengan dunia teknologi yang berkembang pesat, justru warga di Desa Kalipucang Wetan ini membalut kehidupan dengan bingkai syariat agama yang kental. masyarakat sering mengadakan kegiatan keagamaan, seperti pengajian rutin, tahlilan, manaqiban, simtudurror, kajian ilmu agama dan kegiatan keagamaan lainnya. terutama untuk organisasi Rifaiyah sangat teguh dapat memegang ajaran dari KH Ahmad Rifai selaku pendiri organisasi tersebut. Sesuai kondisi desa, warga masyarakat mengembangkan kerajinan Rebana dan Bedug, kerajinan ini mempunyai pangsa pasar yang luas, hingga luar provinsi dengan skala nasional. dengan kualitas bagus dan harga mudah dijangkau.

salah satu pengarajin Bp. Ilham Rachudi Alamat RT 04 RW 02 Kalipucang Wetan-Batang, mengatakan bahwa bisnis kerajinan rebana adalah prospek yang sangat bagus, beliau menekuni kerajinan ini adalah generasi ke 3 dari keluarganya. dalam proses pembuatan kerajinan memerlukan waktu sesuai tingkat kesulitan proses pembuatan.

 

selain Bp. Ilham Rachudi ada juga pengarajin lain seperti Bp. Khafidin. menurut penuturan para pengrajin rebana dan bedug ini, mengatakan bahwa kerajinan rebana yang ada di desa kalipucang Wetan ini sudah diakui oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat batang dan sekitar.

jadi semakin tahun semakin bertambah jumlah pemesanan, sementara mereka masih menggunakan tenaga kerja dari keluarga, apabila semakin banyak pesanan pasti lebih banyak lagi pekerja yang dibutuhkan. dengan demikian kita dapat mengurangi angka pengangguran yang ada di desa, kalau semua punya kemauan dan itikad baik untuk mengembangkan kerajinan ini.

Bp. Khafidin sedang melaksanakan aktifitas membuat rebana dan didampingi oleh Bhabinkamtimas

 

Ibu Wihaji (Istri Bupati Batang) meinjau pengarjin Rebana

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan