Pengolahan Sampah organik menjadi pupuk organik

KSM Mataram Bersih Desa Kalipucang Wetan – Batang adalah sebuah kelompok swadya masyarakat yang merupakan unit usaha dari Bumdes Mataram Sejahtera Kalipucang Wetan – Batang, unit usaha ini bergerak dibidang pengelolaan sampah yang berbasis TPS3R (Reuse Reduce Recycle). 3R atau Reuse, Reduce, dan Recycle sampai sekarang masih menjadi cara terbaik dalam mengelola dan menangani sampah dengan berbagai permasalahannya, yang berarti mengunakan ulang, mengurangi, dan mendaur ulang sampah.

kegiatan diawali dari pengambilan sampah dari masyarakat dengan menggunakan kendaraan roda tiga oleh petugas, dengan  dilaksanakan setiap hari untuk pengambilan sampah dari masyarakaT.

kemudian proses berikutnya adalah pemilahan sampah organik dan non organik oleh masyarakat langsung dengan diberikan tempat sampah yang terpisah antara organik dan non organik, akan tetapi dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk dapat memilah langsung sehingga mempermudah petugas pemungut sampah, akan tetapi masih ada sampah yang tercampur, untuk mengatasi ini KSM sudah melaksanakan sosialisasi tentang pemilahan sampah, adapun sampah yang masih tercampur dilakukan pemilahan ditempat gudang TPS3R tersebut.

proses berikutnya adalah pencacahan sampah organik hasil pemilahan oleh petugas

setelah proses pencacahan maka dilakukan pemberian mikroba bakteri untuk pengancur sampah tersebut, kemudian dimasukkan dalam bak (tempat fermentasi), kegiatan fermentasi dilaksanakan selama satu minggu dengan 3 hari sekali dibolak balik supaya merata proses mikroba dan fermentasi menjadi baik, kemudian dilakukan proses pengayakan sampah yang sudah dipanen dari porses fermentasi pupuk organik,,yang sebelumnya sudah dicacah dan diberi bakteri mikroba,, setelah diayak akan dilakukan proses packing. harga per kilo untuk pupuk organik dijual dengan harga Rp. 3.000,-

dengan kegiatan pengolahan sampah seperti ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan mendapatkan nilai ekonomis dari proses sampah tersebut. untuk sampah non organik dapat dibuat kerajinan atau bisa dijual kelapak depot sampah sedangkan residu (sampah tidak bisa diproses/berbahaya) di buang di TPA.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan