Sosialisasi Penyusunan Produk Hukum dan Integrasi Produk Hukum Desa ke Website JDIH Kab. Batang

Kegiatan Sosialisasi Penyusunan Produk Hukum dan Integrasi Produk Hukum Desa ke Website JDIH Kab. Batang dilaksanakan pada hari kamis (25/7/2019) bertempat di aula kantor Bupati Batang. untuk peserta terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, kasi Pemerintahan Kecamatan. kegaiatan ini bertujuan agar setiap desa memahami tentang penyusunan produk hukum, kemudian produk hukum tersebut dapat di intregasikan ke website JDIH Kabupaten Batang, karena desa saat ini dituntut untuk keterbukaan informasi publik. Jadi setiap desa diusahakan untuk memiliki website desa, agar semua bisa diinformasikan melalui website tersebut.

Untuk materi disampaikan oleh Kabag Hukum Setda Kabupaten Batan (Bp. Agus Jaelani Mursidi, SH.M.Hum), Kepala Dispermades kabupaten Batang (Bp. Agung Wisnu Barata) dan dibuka oleh Plt. Sekda Kabupaten Batang (Bp. Ahmad Taufiq).

Bahwa desa harus mempunyai dasar yang kuat tentang kegiatan – kegiatan di Desa , diantaranya Kegiatan Pembangunan , Pemberdayaan ,Kebudayaan dan lain – sebagainnya , semuannya itu harus ada dasar hukumnya dan kalau di Desa harus ada Perdes , Perkades , dan lainnya.

DASAR HUKUM
  • Undang – undang Nomor 12 tahun 2011 tentang pembentukan Peraturan Perundang – undangan
  • Undang – undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa
  • Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Jo,Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015
  • Peraturan Mentri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Pedoman Teknis Peraturan di Desa
  • Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2016 Tentang Kewenangan Desa

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan