Kirab pusaka dan penjamasan pusaka malam satu suro (1 Muharram 1441) Pemkab.Batang

Batang, InfoPublik – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram atau malam satu suro, Pemerintah Kabupaten Batang, menggelar tradisi penjamasan pusaka tombak abirawa di Pendopo Kabupaten Batang, Sabtu (31/8/2019).

Sebelum penjamasan, terlebih dahulu pusaka dikirab mengelilingi Pendopo diikuti oleh beberapa tokoh masyarakat, budayawan, dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Batang dengan mengenakan pakaian adat.

Bupati Batang Wihaji yang juga memimpin prosesi Kirab Pusaka menyampaikan bahwa kegiatan penjamasan pusaka merupakan salah satu budaya yang dimiliki dan patut disyukuri oleh seluruh masyarakat Batang.

“Ini merupakan semangat nguri-uri budaya dan bagian dari semangat melestarikan tradisi di Kabupaten Batang, salah satunya pusaka tombak abirawa,” terangnya.

Ia mengharapkan bahwa budaya penjamasan pusaka tidak untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) saja, namun semua warga Kabupaten Batang juga harus dapat menikmati agar lebih ramai lagi.

Setelah prosesi kirab dan penjamasan pusaka dilanjut dengan pagelaran seni wayang kulit dengan lakon Dewa Ruci dengan dalang salah satunya yakni Bupati Batang Wihaji yang berkolaborasi dengan dalang Ki Utomo dan Ki Santoso di Jalan Veteran Kabupaten Batang. (MC Batang, Jateng/Umar/Ardhy/toeb)

http://infopublik.id/kategori/nusantara/370427/peringati-tahun-baru-islam-pemkab-batang-gelar-penjamasan-tombak-abirawa?fbclid=IwAR2Fky0dMf_LsI-OInkmIIwr_IC5cWt-hdNb8MpuqrfuyZp7C3BbrBSbdaM#.XW2083G9gFA.facebook

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan