Sosialisasi hasil pendataan PIS-PK sekaligus lounching Posbindu PTM Desa Kalipucang Wetan – Batang

Dr.maizun kepala Puskesmas Batang IV memberikan sosialisasi hasil pendataan PIS-PK sekaligus lounching Posbindu PTM. Kegiatan ini dihadiri oleh Pemerintah Desa, Kader PKK dan Posyandu, serta rekan KKN Untag Semarang, dilanjutkan dengan pengecekan kesehatan diantaranya cek kolestrol, diabetes, asam urat dan tekanan darah. Selasa (19/11/2019) acara ini bertempat di aula kantor balai desa kalipucang wetan, pemateri dari Puskesmas Batang IV dan bidan desa.

Dari hasil pedataan PHBS yang sudah di data oleh kader kesehatan di desa kalipucang wetan terdapat 5  (lima) prioritas  masalah yang ada di desa kalipucang wetan, dan sebagian masalah yang ada adalah bersumber dari faktor “PERILAKU HIDUP” yg ada di masyarakat kita. Ujar (dr. Maizun/Kepala Puskesmas Batang IV) pengisi materi.


Adapun 5 (lima) masalah tersebut antara lain:
1. Masih Banyak Keluarga Perokok (53,5%)
2. Keluarga Belom Punya JKN (49,1%)
3. Tidak Ikut KB (38,6%)
4. Penderita Hipertensi Tidak Berobat Teratur (32,6%
5. Bayi Tidak ASI ESKLUSIF selama 6 Bulan (31%)

Faktor “PERILAKU HIDUP “adalah dimana perilaku tersebut diatas yg di lakukan masyarakat di desa. kalo masyarakatnya berprilaku hidup bersih dan sehat sesuai ketentuan di PHBS sudah pasti masyarakat dan generasi yg terlahir kemudian pun akan menjadi generasi yg sehat dan kuat, sebaliknya apabila perilaku di masyarakat tersebut tidak mencerminkan perilaku hidup Bersih dan sehat, maka akan tercipta kondisi masyarakat yg tidak sehat pula.

Oleh karna itu dari diri kita sendiri lah sebagai masyarakat desa kalipucang wetan supaya masalah yang ada di desa kita bisa berkurang dan teratasi. mari kita merubah kebiasaan/pola hidup yang tidak sehat  menuju kebiasaan hidup sehat untuk lingkungan dan diri sendiri.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan