Kunjungan Desa Satriyan Kec. Tersono ke Desa Kalipucang Wetan Kec. Batang, tentang pengelolaan sampah

Kunjungan Desa Satriyan Kec. Tersono ke Desa Kalipucang Wetan Kec. Batang, tentang pengelolaan sampah. (26/12/2019), kegiatan ini bertempat di Gedung TPS3R Desa Kalipucang Wetan Kec. Batang, untuk pemateri terdiri dari Bp. Sunarto dari DLH Kabupaten Batang, Sdr. M. Fasoli dari FKBS Kabupaten Batang, Ibu Weni dari Pengrajin barang bekas.

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Bp. Bambang Edy Sudarmanto selaku Sekretaris Desa Kalipucang Wetan, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa di desa ini, sudah ada tempat pengolahan sampah berbasis 3R (Reuse,Reduce dan Rycle), yang mana sampah organik diolah menjadi pupuk organik, sampah non organik diolah menjadi kerjainan dan dijual ke lapak, untuk B3 atau Residu dibuang ke TPA.

Sampah adalah masalah besar yang dihadapi oleh Pemerintah, untuk itu kita wajib mengelola sampah agar tidak menjadi bencana bagi anak cucu kita. sampah apabila diolah bisa menjadikan rupiah yang dapat membantu perekonomian keluarga, dan dapat melindungi lingkungan dari segala bencana. untuk pengelolaan sampah dimulai dari rumah tangga (sumber) dengan memilah jenis sampah sesuai jenisnya,baik organik maupun non organik. untuk mengolah sampah organik skala rumah tangga dengan menggunakan alat yaitu komposter, sedangkan yang non organik dikelola melalui bank sampah.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan