Banjir melanda Desa Kalipucang Wetan Kecamatan Batang, sebagai bencana rutin tiap tahun, kenapa ?

Desa Kalipucang Wetan  merupakan desa diwilayah Kecamatan Batang Kabupaten Batang, menjadi langganan banjir setiap tahunnya ketika musim hujan turun, ini merupakan banjir yang kesekian kalinya terjadi sehingga merugikan masyarakat. ketinggian air pada banjir kali ini 20 cm – 50 cm, di Jalan Perintis Kemerdekaan RT 01 RW 01 merupakan langganan banjir. setelah diguyur hujan pada tanggal 25/01/2020 (sabtu malam minggu) terjadilah banjir pada hari minggu pagi. adapun rumah warga yang terdampak banjir sebanyak 262 KK, tersebar di RT 01 RW 01, RT 02 RW 01, RT 04 RW 01 dan RT 04 RW 02. upaya pemerintah desa sudah dilakukan dengan kesiapan lokasi pengungsi, persiapan dapur umum dan bantuan sembako secukupnya dengan bekerjasama dengan PMI Kabupaten Batang dan BPBD Kab. Batang.

Area pemukiman sampai persawahan juga terdampak banjir, sehingga banyak yang rugi baik secara moril maupun materiil, seperti masyarakat tidak dapat beraktifitas seperti biasanya, gagal panen dan lain sebagainya.

Banjir ini diprediksi dari kiriman banjir yang ada dilokasi atas yaitu dari Desa Kalisalak dan Kauman, akan tetapi banjir juga disebabkan oleh kondisi saluran drainase dan sungai yang dangkal (sedimentasi), selain itu kondisi jalan perintis kemerdekaan yang rendah, tidak ada saluran pembuangan air di sepanjang bahu jalan, sehingga air bertumpu pada sungai gabus, dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk kebersihan lingkungan, masih membuang sampah di saluran dan sungai, pendirian bangunan di bahu dan atas sungai, jadi semua ini butuh ketegasan dari Pemerintah Daerah untuk mengatasi semua problematika banjir yang ada wilayah kecamatan Batang. tidak menyalahkan siapa dan siapa, mari kita benahi bersama demi kepentingan masyarakat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan