Rapat Koordinasi Lintas Sektor

  • Jul 18, 2023
  • Desa Kalipucang Wetan
  • KESEHATAN

Rapat Lintas Sektor yang dilaksanakan di balai desa Kalipucang Wetan pada hari Senin malam selasa tanggal 17 Juli 2023 yang dihadiri oleh Kepala Desa beserta Perangkatnya,Muspika Kecamatan Batang,Kepala Puskesmas Batang IV,Koordinator PLKB,Ketua RT/RW,Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama serta kader posyandu Desa Kalipucang Wetan, Rapat Lintas Sektor meliputi : Rembug Stunting,Rumah Desa Sehat,PLKB dan ODF.

kegiatan ini lebih terfokus mengenai Stunting,

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, terutama pada periode 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), yaitu dari janin hingga anak berusia 24 bulan atau dua tahun. Saat ini, percepatan penurunan stunting menjadi prioritas pembangunan yang dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Para kader memiliki peran kunci dalam menyampaikan informasi tentang pentingnya gizi seimbang dan praktik kebiasaan baik kepada keluarga yang harus dilakukan sejak dini khususnya para ibu dengan menjaga asupan makanan mulai dari memenuhi kebutuhan gizi saat hamil,Untuk melahirkan generasi yang prima di masa depan, pencegahan stunting menjadi keharusan. Pemerintah saat ini terus mengurangi persentase stunting. Penanganan yang serius terhadap stunting berkorelasi terhadap lahirnya generasi yang unggul di masa depan. 

 

 

red.adm@2023