PEMERINTAHAN DESA

SOTK PEMERINTAH DESA KALIPUCANG WETAN

 

KEPALA DESA :

  • Kepala Desa berkedudukan sebagai Kepala Pemerintah Desa yang memimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
  • Kepala Desa bertugas menyelenggarakan Pemerintahan Desa, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Desa memiliki fungsi sebagai berikut :
  1. menyelenggarakan Pemerintahan Desa, seperti tata praja Pemerintahan, penetapan peraturan di desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketenteraman dan ketertiban,  melakukan upaya perlindungan masyarakat, administrasi kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah;
  2. melaksanakan pembangunan, seperti pembangunan sarana prasarana perdesaan, dan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan;
  3. pembinaan kemasyarakatan, seperti pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, partisipasi masyarakat, sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan;
  4. pemberdayaan masyarakat, seperti tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olah raga, dan karang taruna;
  5. menjaga hubungan kemitraan dengan lembaga masyarakat dan lembaga lainnya.

SEKRETARIS DESA :

  • Sekretaris Desa berkedudukan sebagai unsur pimpinan Sekretariat Desa.
  • Sekretaris Desa bertugas membantu Kepala Desa dalam bidang administrasi pemerintahan.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Sekretaris Desa mempunyai fungsi :
  1. Melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi;
  2. Melaksanakan urusan umum seperti pentaan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum;
  3. Melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan administrasi penghasilan Kepala Desa, Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa, dan lembaga pemerintahan desa lainnya;
  4. Melaksanakan urusan perencanaan seperti menyusun rencana APBDesa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.

KEPALA URUSAN TATA USAHA DAN UMUM :

  • Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum berkedudukan sebagai unsur staf Sekretariat.
  • Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum bertugas membantu Sekretaris Desa dalam urusan pelayanan administrasi pendukung pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum mempunyai fungsi :
  1. melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah dinas;
  2. melaksanakan administrasi surat menyurat;
  3. melaksanakan arsiparis dan ekspedisi pemerintahan desa;
  4. melaksanakan penataan administrasi Perangkat Desa;
  5. penyediaan prasarana Perangkat Desa dan Kantor;
  6. penyiapan rapat-rapat;
  7. pengadministrasian aset desa;
  8. pengadministrasian inventarisasi desa;
  9. Pengadministrasian perjalanan dinas;
  10. Melaksanakan pelayanan umum; dan
  11. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

KEPALA URUSAN KEUANGAN :

  • Kepala Urusan Keuangan berkedudukan sebagai unsur staf Sekretariat.
  • Kepala Urusan Keuangan bertugas membantu Sekretaris Desa dalam urusan pelayanan administrasi pendukung pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Urusan Keuangan mempunyai fungsi :
  1. pengurusan administrasi keuangan Desa;
  2. pengurusan administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran Desa;
  3. melaksanakan verifikasi administrasi keuangan Desa;
  4. melaksanakan administrasi penghasilan Kepala Desa;
  5. melaksanakan administrasi penghasilan Perangkat Desa;
  6. melaksanakan administrasi penghasilan BPD;
  7. melaksanakan administrasi penghasilan lembaga Pemerintahan Desa lainnya; dan
  8. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

KEPALA URUSAN PERENCANAAN :

  • Kepala Urusan Perencanaan berkedudukan sebagai unsur staf Sekretariat.
  • Kepala Urusan Perencanaan bertugas membantu Sekertaris Desa dalam urusan pelayanan adminsitrasi pendukung pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Urusan Perencanaan mempunyai fungsi :
  1. mengkoordinasikan urusan perencanaan Desa;
  2. menyusun RAPBDesa;
  3. menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan Desa;
  4. melakukan monitoring dan evaluasi program Pemerintahan Desa;
  5. menyusun rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDesa) dan rencana kerja pemerintah desa (RKPDesa);
  6. menyusun laporan kegiatan Desa; dan
  7. melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

KEPALA SEKSI PEMERINTAHAN :

  • Kepala Seksi Pemerintahan berkedudukan sebagai unsur pelaksana teknis bidang pemerintahan.
  • Kepala Seksi Pemerintahan bertugas membantu Kepala Desa sebagai pelaksana tugas operasional di bidang pemerintahan.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi :
  1. melaksanakan manajemen tata praja Pemerintahan Desa;
  2. menyusun rancangan regulasi desa;
  3. melaksanakan pembinaan masalah pertanahan;
  4. melaksanakan pembinaan ketenteraman dan ketertiban masyarakat Desa;
  5. melaksanakan upaya perlindungan masyarakat Desa;
  6. melaksanakan pembinaan masalah kependudukan;
  7. melaksanakan penataan dan pengelolaan wilayah Desa;
  8. melaksanakan pendataan dan pengelolaan Profil Desa; dan
  9. melakukan tugas – tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

KEPALA SEKSI PELAYANAN :

  • Kepala Seksi Pelayanan berkedudukan sebagai unsur pelaksana teknis bidang pelayanan.
  • Kepala Seksi Pelayanan bertugas membantu Kepala Desa sebagai pelaksana tugas operasional di bidang pelayanan.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Pelayanan mempunyai fungsi :
  1. melaksanakan penyuluhan dan motivasi terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat Desa;
  2. meningkatkan upaya partisipasi masyarakat Desa;
  3. melaksanakan pelestarian nilai sosial budaya masyarakat Desa;
  4. melaksanakan pelestarian nilai sosial budaya, keagamaan dan ketenagakerjaan masyarakat Desa;
  5. melaksanakan pekerjaan teknis pelayanan nikah, talak, cerai dan rujuk;
  6. melaksanakan pekerjaan teknis urusan kelahiran dan kematian;
  7. melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

KEPALA SEKSI KESEJAHTERAAN :

  • Kepala Seksi Kesejahteraan berkedudukan sebagai unsur pelaksana teknis bidang kesejahteraan.
  • Kepala Seksi Kesejahteraan bertugas membantu Kepala Desa sebagai pelaksana tugas operasional di bidang kesejahteraan.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Seksi Kesejahteraan mempunyai fungsi :
    1. melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana perdesaan;
    2. melaksanakan pembangunan bidang pendidikan;
    3. melaksanakan pembangunan bidang kesehatan;
    4. melaksanakan tugas sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang sosial budaya;
    5. melaksanakan tugas sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang ekonomi;
    6. melaksanakan tugas sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang politik;
    7. melaksanakan tugas sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang lingkungan hidup;
    8. melaksanakan tugas sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang pemberdayaan keluarga;
    9. melaksanakan tugas sosialisasi serta motivasi masyarakat di bidang pemuda, olah raga dan karang taruna; dan
    10. melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.

KEPALA DUSUN :

  • Kepala dusun berkedudukan sebagai unsur satuan tugas kewilayahan.
  • Kepala dusun bertugas membantu kepala desa dalam melaksanakan tugas di wilayah dusun, meliputi penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Dusun memiliki fungsi :
  1. pembinaan ketenteraman dan ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah;
  2. mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayahnya;
  3. melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya;
  4. melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan;
  5. melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.